Social Icons

Rabu, 20 Februari 2013

Bagaimana cara memulai usaha.




Untuk terjun kedunia usaha. Ada keuntungan dan kerugianya. Mengelola  usaha milik sendiri akan memberi  sensasi kebebasan, sensasi  pencapaian. Anda akan menjadi bos , anda tidak bisa dipecat , meski suatu saat nanti mungkin mau tidak mau Anda akan menghadapinya. Karena anda yang akan menggaji diri sendiri dan laba dari investasi akan menjadi milik anda sendiri. Anda akan mengharapkan pendapatan yang bagus begitu usaha anda berdiri. Anda akan merasa bangga karena memiliki sesuatu – persis ketika anda memiliki rumah atau mobil sendiri. Anda akan memperoleh kepuasan ketika mampu menawarkan suatu produk atau jasa yang dihargai oleh pasar.
Dengan menjadi bos, Anda akan segera mengadopsi  gagasan – gagasan baru. Karena perusahaan anda sangat mungkin baru berupa sebuah usaha kecil-kecilan pada awalnya, Anda belum akan memiliki suatu organisasi besar untuk dilatih, atau dewan pengurus untuk memperoleh izin tiap kali anda ingin mencoba suatu yang baru. Jika gagasan tersebut  tidak berhasil, anda dapat membuangnya cepat – cepat. Kelenturan semacam ini adalah salah satu asset yang paling berharga dari suatu usaha kecil.

Ketika memulai usaha anda , pastikan untuk menemui pengacara guna memberikan rencana – rencana anda dan meminta saran tentang struktur hukum yang cocok bagi usaha  anda. Pilihan  yang ada antara lain pemilik tunggal ( soleproprietorship), kemitraan (partnership), perusahaan terbatas, dan korporasi  (corporation). Pastikan juga untuk mempelajari tentang  liabilitas dan pajak  dari menjadi pemilik korporasi anda sendiri.
Sebagai pemilik tunggal, posisi anda,  lemah jika sesorang menggugat usaha anda, dan anda beresiko kehilangan semua milik anda. Sedangkan korporasi, disisi lain, adalah sebuah entitas “hidup” terpisah dan mampu melindungi anda dari hilangnya asset – asset pribadi seperti di atas.

Akan halnya dengan pajak, sebagai bawahan, atasan anda akan membayar pendapatan anda, pemerintah akan mengambil bagianya, dan baru anda akan membelanjakan uang anda. Sebagai pemilik sebuah korporasi, anda menerima pendapatan dari penjualan, anda membelanjakan dan menginvestasikan uang anda, baru setelah itu pemerintah meminta bagianya.demikianlah sekilas bagaimana cara memulai sebuah usaha, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha.(PSM)

Tidak ada komentar: