Social Icons

Rabu, 01 Mei 2013

Pikir-Pikir Dahulu Sebelum Mengambil Keputusan



Fbr Bojongsari Depok.Bingung, apakah ada manusia di dunia ini yang tidak pernah bingung? Apakah saudara sedang atau pernah bingung? Apa yang saudara lakukan saat mengalami kebingungan? Bingung adalah sebuah kondisi dimana terjadi situasi yang stag, diri tidak dapat mengambil sebuah keputusan karena tidak tahu harus memilih atau mencari jalan yang mana. Lalu mengapa bisa bingung? Kebingungan bisa terjadi karena ketidak tahuan dan adanya rasa ketidakyakinan untuk memilih beberapa pilihan. Atau sebuah contoh berikut, seseorang yang baru datang kesebuah daerah/Negara sedang ia tidak punya pengalaman/pengetahuan daerah/negera tersebut, pastilah ia akan mengalami kebingungan. Orang yang cerdas, orang yang tahu bahwa dirinya sedang bingung, ia akan mencari tahu (tau bukan tahu) jalan keluar (solve) atas kebingungan itu dengan bertanya, bertanya pada manusia atau pada benda teknologi, gadget. Ia bertanya untuk tahu supaya tidak bingung sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.
Kebingungan ada dimana-mana dan bisa terjadi pada siapa saja. Tidak peduli apakah itu anak-anak atau orang dewasa. Mungkin saja terjadi pada orang terdidik atau awam. Bisa dialami oleh orang kaya apalagi yang miskin. Apakah ia rakyat jelata atau pemimpin Negara. Bingung itu manusiawi, tapi jika sampai tidak dapat memecahkan kebingungan, yakinlah anda telah terlempar jauh dari kemanusiawian.
Seseorang yang bingung dan ia sadar akan kebingungannya, maka ia akan mencari solusi supaya tidak bingung, inilah manusia hidup yang cerdas. Seseorang yang bingung tetapi ia tidak tahu kalau ia sebenarnya bingung, ini adalah orang hidup bodoh. Dia akan selalu mengalami kebingungan tapi ia malu menyatakan diri/mengakui diri kalau ia bingung. Kasihan sekali manusia yang seperti ini atau orang yang bingung dan dia tahu bahwa dirinya sedang bingung lalu mencari jalan keluar atas kebingungannya itu, Ini adalah tipe manusia pembelajar. Sedang manusia yang tidak pernah tahu kalau sebenarnya dia itu sedang bingung, ini adalah tipe sebodoh-bodohnya manusia.

Tidak ada komentar: